apa itu, menjelaskan suatu hal hal yang menjadi pertanyaan rumit atau mudah, di bahas di A.I.A

Senin, 14 Juli 2014

Voting Suara Capres Tertinggi

Voting Suara Capres Tertinggi
Suara capres terbanyak - sementara hasil penghitungan cepat yang dibuat lembaga survei Indikator Politik menunjukkan Jokowi-Kalla memperoleh 52,86 persen suara, sedangkan dan Prabowo-Hatta 47,14 persen suara. Penghitungan cepat ini berasal dari 70 persen suara yang masuk.
Calon presiden Jokowi dan Prabowo saling mengklaim meraih suara terbanyak dalam Pemilu Presiden 9 Juli 2014. Prabowo mengklaim memenangi pemilihan presiden berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei. Klaim ini dilatarbelakangi hasil pantauan kubu Prabowo-Hatta terhadap hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang mereka jadikan acuan.

"Kami bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk, menunjukkan bahwa kami, pasangan nomor satu, Prabowo-Hatta, mendapatkan dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia," kata Prabowo, saat memberikan keterangan pers, di rumah ayahnya.

Sementara hasil penghitungan cepat yang dibuat lembaga survei Indikator Politik menunjukkan Jokowi-Kalla memperoleh 52,86 persen suara, sedangkan dan Prabowo-Hatta 47,14 persen suara. Penghitungan cepat ini berasal dari 70 persen suara yang masuk.

Lalu kapan Komisi Pemilihan Umum mengumumkan hasil resmi Pemilu Presiden? Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, pengumuman hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilakukan pada 22 Juli 2014. "Nanti kami akan menetapkan hasil rekapitulasinya, sekaligus penetapan perolehan suara terbanyak di kantor KPU," ujar Ferry di Gedung KPU, Rabu, 9 April 2014.

Adapun proses penghitungan suara hanya dilakukan di tingkat tempat pemungutan suara sesaat setelah pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00. Selanjutnya, rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang dilakukan mulai dari tingkat desa-kelurahan yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara pada Kamis, 10 Juli hingga Sabtu, 12 Juli. (LSI, SMRC, dan IPI: Jokowi-JK Menang 52,7% Vs 47,2%)

Kemudian rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan pada 13-15 Juli, di tingkat kabupaten-kota oleh KPU setempat mulai 16-17 dan di KPU provinsi pada 18-19 Juli. Terakhir, rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Pusat dilakukan selama tiga hari pada 20-22 Juli 2014.

Terkait dengan hasil hitung cepat dan exit poll yang mulai beredar, Ferry mengatakan sebaiknya masyarakat menunggu hasil resmi dari KPU saja. "Hal tersebut patut diapresiasi sebagai metode ilmiah yang dilakukan oleh lembaga tapi kami berharap masyarakat menunggu dan mempercayai hasil resmi kami

Sementara itu Ikhwanul Muslimin (IM) klaim kandidat presidennya Mohammed Mursi mengungguli rivalnya Ahmed Shafiq setelah sekitar 81 persen suara pemilih dalam pemilu presiden Mesir dihitung.Klaim ini disampaikan setelah para pemantau pemilu Ikhwanul Muslimin yang tersebar di seluruh Mesir mengamati perhitungan dan menyampaikan laporannya.

Salah seorang petinggi Ikhwanul Muslimin Khaled al-Qazaz mengatakan sebanyak 81,7 presen dari 13.100 tempat pemungutan suara sudah menyelesaikan perhitungan.Dan, lanjut Qazaz, dari perhitungan itu Mursi unggul 52,49 persen, sementara rivalnya Shafiq hanya meraih 47,5 persen.

"Sudah 20 juta suara dihitung. Sekitar 10,5 juta suara diberikan kepada Mursi dan 9,5 juta untuk Shafiq," kaga Qazaz.Namun, jika klaim Ikhwanul ini benar maka siapapun yang memenangkan pemilu ini hanya akan unggul tipis dan baru akan diketahui hasil pastinya pada saat penghitungan suara selesai seluruhnya.Sejauh ini tim sukses Ahmed Shafiq belum memberikan komentar apapun soal hasil penghitungan suara sementara.

Sementara itu, pada Minggu (17/6) pemerintah militer Mesir menerbitkan konstitusi sementara yang memungkinkan militer berbagi kekuasaan dengan presiden baru nanti.Ini adalah upaya militer mempertahankan cengkeraman terhadap negara dan dikhawatirkan akan mempertajam kemungkingan konfrontasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Setelah membekukan parlemen dan memberlakukan hukum militer, para jenderal kini menjadi pembuat undang-undang dan berkuasa atas anggaran negara.Selain itu, militer Mesir nampaknya bertekad untuk membuat konstitusi baru yang akan menentukan masa depan negeri itu.

Jika hal ini terjadi maka Mesir akan terjebak dalam kekacauan politik berkepanjangan, apalagi jika kandidat presiden Ikhwanul Muslimin Mohammed Mursi memenangkan pemilihan presiden.Dan, Ikhwanul sudah jauh-jauh hari menyatakan akan melakukan protes jika Ahmed Shafiq, perdana menteri terakhir Hosni Mubarak, dinyatakan sebagai pemenang.

"Jika Shafiq jadi pemenang, maka pasti ada kecurangan," kata juru bicara Ikhwanul Muslimin Murad Mohammed Ali."Kami akan turun ke jalan, meski kami tak suka kekerasan," tambah Mohammed Ali. Komisi pemilu Mesir mengatakan hasil akhir penghitungan suara baru akan diumumkan pada 21 Juni mendatang. Tetapi, hasil tidak resmi bisa diketahui pada Senin 

Demikian share tentang Voting Suara Capres Tertinggi, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih

Voting Suara Capres Tertinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blog rbf
Diberdayakan oleh Blogger.