apa itu, menjelaskan suatu hal hal yang menjadi pertanyaan rumit atau mudah, di bahas di A.I.A

Sabtu, 21 Februari 2015

Rahasia Untung Besar Jualan Online

Rahasia Untung Besar Jualan Online - Apa itu berjualan online? yakni sebuah kegiatan berjual beli yang terjadi di internet, atau bisa dibilang menggunakan peranan internet sebagai media perantaranya. Jadi kita tidak perlu lagi menyediakan tempat "real" seperti kita berjualan offline.
Apa keunggulan dari berjualan online? Yap, tentunya ini merupakan salah satu pertanyaan bagi mereka yang masih awam di dunia online. Seperti yang saya sebutkan tadi, berjualan via online kita tidak lagi membutuhkan tempat untuk berjualan, repot-repot menjajakan produk, dan keunggulan yang paling signifikanya adalah kita dapat menjangkau pasar yang lebih luas! tentunya ini juga akan berdampak pada potensi penjualan produk kita sendiri.

Apa kelemahan dari berjualan online? Setiap ada keunggulan tentu tetap ada kelemahan yang menyertai suatu hal, lalu apakah itu? berikut inilah beberapa kelemahan dari berjualan online:

  • Keraguan pembeli akan "keaslian" dan "kepercayaan" toko kita
  • Penipuan (ini merupakan beberapa masalah berjual beli online yang sering kita temui)
  • Kartu kredit / ATM, karena riset membuktikan bahwa banyak kalangan remaja yang menyukai berbelanja online, namun mereka "belum" mempunyai kartu kredit atau ATM yang bisa dilakukan untuk pembayaran, jadi biasanya mereka akan melakukan cash on delivery atau membayar ditempat sekalian mengambil barang
  • Tidak bisa melihat barang sungguhan, terkadang ini menjadi kendala bagi beberapa calon pembeli, karena seringkali gambar produk yang di pajang oleh penjual di internet jauh dari kenyataan dan ekspektasi pembeli.
Namun tenang saja, tentunya perlu ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meyakinkan pengunjung anda, bahwasanya anda merupakan penjual yang berkualitas dan terpercaya.

Jika anda hendak berjualan di marketplace seperti olx.co.id dan tokopedia.com, maka ada bagusnya untuk anda melakukan verifikasi alamat agar diberikan cap "verified", itu artinya alamat rumah anda sudah diverifikasi oleh marketplace. 

Atau jika anda menggunakan tokopedia.com, usahakanlah menggunakan logo gold merchant, walaupun berbayar itu menandakan bahwa anda penjual dan mitra bisnis yang benar-benar serius dan terpercaya.

Berikut ini juga merupakan tips-tips pendukung lainya untuk membuktikan bahwa anda merupakan penjual dan seorang bisnis online berkualitas dan dapat dipercaya oleh calon pembeli:
  • Pasanglah foto asli dari produk anda (bukan diambil dari internet)
  • Pastikanlah anda memberikan nomor telefon dan dapat dihubungi
  • Menampilkan testimonial yang asli dari pembeli
  • Tulislah produk anda sesuai dengan aslinya, jangan terlalu berlebihan dan mengada-ada, karena itu akan membuat keraguan
  • Harga yang rasional dan masuk diakal, jangan membuat harganya terlalu murah atau terlalu mahal, sesuai dengan harga pasaranya
  • Menawarkan COD atau cash on delivery (jika berdomisili sama dengan pembeli), untuk membuktikan bahwa kita memang penjual terpercaya
Cara berjualan online di internet dengan marketplace
Cara Berjualan Online di Internet Dengan MarketplaceApasih marketplace itu? yap, marketplace terdiri dari dua kata "market" dan "place" yang artinya "tempat" dan "pasar". Jadi marketplace atau perdagangan elektronik ini adalah perantara atau tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli, dengan situs seperti ini tentunya kita sebagai penjual akan lebih mudah "menjajakan" produk kita.
Selain itu, marketplace ini juga lebih mudah pembuatanya ketimbang toko online dan sejenisnya, karena kita cukup mendaftar akun biasa seperti facebook saja, lalu kita sudah bisa menjajakan produk dagangan kita.

Pada beberapa kasus, marketplace yang memiliki reputasi baik dan jutaan pengunjung lebih mudah ditemukan di search engine seperti google, serta memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak pembeli, ketimbang dengan membuat toko online yang harus kita persiapkan dari 0, mulai dari tampilanya, hingga search engine optimization atau SEO-nya agar tampil di urutas teratas di hasil pencarian google.

Nah, pastinya anda bertanya-tanya, apa sajakah marketplace yang bisa kita gunakan untuk berjualan online? ya, ada beberapa marketplace terkenal dan terpercaya di indonesia yang dapat anda gunakan, seperti tokobagus, tokopedia, dan berniaga.

Usahakanlah untuk memaksimalkan seluruh marketplace yang ada, jadi tidak penjualan anda tidak bergantung pada 1 sumber saja, berikut adalah beberapa marketplace yang dapat anda pakai:
  1. Tokobagus.com (sekarang olx.co.id)
  2. Berniaga.com
  3. Tokopedia.com
  4. Bukalapak.com
  5. Elevenia.co.id
  6. Rakuten.co.id
  7. kaskus.co.id/fjb
  8. lamido.co.id
  9. bejubel.com
Dari beberapa marketplace yang tercantum diatas, tentu masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadi sebelum memulai anda harus memperhatikan terlebih dahulu mana marketplace yang anda sukai dan cocok sebagai tempat berjualan kedepanya.

Saya pribadi menggunakan tokopedia.com, mungkin karena saya merupakan salah satu orang yang "males" untuk bertemu dengan pembeli, jadi disini tokopedia.com menerapkan sistem y uang diterima setelah barang sampai. Jadi pembeli akan membayar uangnya ke tokopedia terlebih dahulu, setelah barang dikirim ke pembeli, maka tokopedia baru akan mem-forward uangnya ke penjual.

Tentunya sebelum membuka lapak atau jualan, kita harus daftar akun terlebih dahulu di marketplace, nah, langkah selanjutnya adalah mendaftar di salah satu marketplace diatas, saya ambil contoh bukalapak.com.
Buat akun di marketplace untuk berjualan online
1. kunjungi bukalapak.com

2. klik "daftar"

3. isi forumulir sesuai dengan data anda

4. klik "daftar"

5. Maka akan dikirimkan verifikasi ke akun email anda

Cara Berjualan Online di Internet Dengan Marketplace







6. Klik "konfirmasi email"

7. Jika sudah masuk ke akun anda, segera lengkapi data akun (lapak) di pengaturan

8. Klik "simpan"

Buat lapak untuk produk yang ingin dijual

1. Klik "jual barang" yang terdapat disidebar kiri

2. Lalu isi formulir dengan data-data produk anda

Tips:
  • Maksimalkan slot gambar dengan meng-upload 5 gambar berkualitas dari produk anda
  • Tuliskanlah deskripsi dengan sederhana dan meyakinkan, jangan terlalu mengada-ada dan berpanjang lebar
  • Centang "wajib asuransi" berdasarkan jenis barang yang anda jual jika memang diperlukan (contoh: alat atau barang elektronik)

3. Klik "Simpan" dan selesai!

Berikut adalah contoh dari menggunakan marketplace bukalapak.com, tentunya anda masih bisa mencoba marketplace lainya untuk memaksimalkan potensi pembeli menemukan produk anda.

Dengan marketplace ini kita tidak perlu lagi berepot-repot, karena dengan sekali pembukaan "lapak", maka produk kita akan terus terpampang disana, namun perlu ada beberapa hal yang kita perhatikan, seperti:
  1. Mengupdate informasi lapak bila diperlukan
  2. Menjawab pertanyaan calon pembeli dengan ramah
  3. Full Support untuk customer service dengan calon pembeli
Demikian informasi sederhana tentang bagaimana cara berjualan online di internet menggunakan marketplace, semoga bermanfaat, dan selamat berjualan!

Rahasia Untung Besar Jualan Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Diberdayakan oleh Blogger.