apa itu, menjelaskan suatu hal hal yang menjadi pertanyaan rumit atau mudah, di bahas di A.I.A

Selasa, 27 Januari 2015

Apa itu ISIS dan Keingininannya?

Kebal Online - Negara Islam atau yang juga dikenal sebagai ISIS adalah kelompok Islam radikal yang mencaplok banyak wilayah di Suriah timur serta Irak utara dan barat.
Strategi brutalnya, termasuk pembunuhan massal dan penculikan anggota kelompok keagamaan dan suku, di samping pemenggalan tentara dan wartawan, memicu kekhawatiran dan kemarahan di dunia dan campur tangan militer Amerika Serikat.

Apa yang diinginkan ISIS?

Kelompok ini berkeinginan mendirikan sebuah "khilafah", sebuah negara yang dikuasai satu pemimpin keagamaan dan politik menurut hukum Islam atau syariah. Meskipun saat ini terbatas di Irak dan Suriah, ISIS bertekad akan "menerobos perbatasan" Yordania dan Lebanon dan "memerdekakan" Palestina.

Mereka mendapatkan dukungan warga Islam di dunia yang menyatakan kesetiaan kepada pemimpinnya, Ibrahim Awad Ibrahim Ali al-Badri al-Samarrai atau Abu Bakr al-Baghdadi.



Apa itu ISIS dan Keingininannya?

Asal usul ISIS

Cikal bakal ISIS adalah almarhum Abu Musab al-Zarqawi, warga Yordania yang mendirikan Tawhid wa al-Jihad di tahun 2002. Setahun setelah invasi Irak yang dipimpin Amerika Serikat, Zarqawi menyatakan dukungan kepada Osama Bin Laden dan membentuk Al Qaeda di Iraq (AQI).

Taktik Zarqawi dipandang pemimpin Al-Qaida sebagai terlalu ekstrem. Tahun 2006, AQI mendirikan organisasi Negara Islam di Irak (ISI) yang kemudian melemah karena peningkatan pasukan AS dan pendirian dewan Kebangkitan oleh suku Arab Sunni yang menolak kebrutalan.

Setelah menjadi pemimpin di tahun 2010, Baghdadi membangun kembali ISI. Mereka bergabung dalam pemberontakan menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad, mendirikan Front al-Nusra.

April 2013, Baghdadi mengumumkan penggabungan pasukannya di Irak dan Suriah dan diciptakannya Negara Islam di Irak dan Levant (ISIS). Juni 2014, ISIS menguasai kota Mosul, dan maju ke selatan menuju Baghdad.

Pada akhir bulan Juni, setelah mengkonsilidasi penguasaan beberapa kota, ISIS menyatakan pendirian khalifah dan mengubah nama menjadi Negara Islam (Daulah Islamiyah).

Wilayah yang dikuasai

Sejumlah pihak memperkirakan ISIS dan sekutunya menguasai 40.000 km2 dari wilayah Irak dan Suriah, kurang lebih seluas negara Belgia.

Kota-kota yang mereka kuasai diantaranya adalah Mosul, Tikrit, Falluja dan Tal Afar di Irak; Raqqa di Suriah.

Mereka menguasai lapangan minyak, bendungan, jalan utama dan perlintasan perbatasan.

Delapan juta orang diperkirakan berada di bawah kekuasaan sepenuhnya atau sebagian ISIS.

Berapa jumlah milisi?

Pejabat AS memperkirakan sekitar 15.000 milisi aktif. Pengamat Irak, Hisham al-Hashimi mengatakan pada permulaan bulan Agustus terdapat sekitar 30.000-50.000 orang.

Apa senjata ISIS?

Milisi memiliki akses pada atau mampu menggunakan berbagai jenis senapan kecil dan senjata berat, termasuk senapan mesin di truk, peluncur roket, senjata antipesawat dan sistem peluru kendali darat ke udara. Mereka juga merampas tank dan kendaraan lapis baja militer Suriah dan Irak.

Darimana ISIS mendapatkan dana?

ISIS dilaporkan memiliki 2 miliar dollar AS dalam bentuk uang kontan dan aset. Pada mulanya dukungan keuangan didapat dari sejumlah orang di negara Teluk Arab.

Sekarang ISIS adalah organisasi yang membiayai diri sendiri, dengan pemasukan jutaan dolar per bulan dari ladang minyak dan gas, di samping pajak, jalan tol, penyelundupan, pemerasan dan penculikan.

Mengapa begitu brutal?

Anggota ISIS adalah kaum militan yang menginterpretasi Islam Sunni secara ekstrem. Mereka mengklaim bahwa dasar tindakan brutal adalah ayat Alquran.

ISIS merupakan negara baru yang dideklarasikan oleh Abu Bakar al-Baghdady pada tanggal 9 April 2013, menyusul terjadinya perang saudara di Irak dan Suriah (simomot.com). Namun proklamasi kemerdekaan ini masih bersifat sepihak, dan Pemerintah Suriah dan Irak belum mengakuinya. Begitu pula Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), belum mengakuinya sebagai negara yang berdaulat. Karena salah satu unsur diakuinya suatu negara adalah adanya pengakuan dari negara lain, meskipun sekarang ISIS telah menguasai sebagian wilayah di Irak dan Suriah yaitu seluas 400.00 Km persegi.

ISIS atau dalam bahasa arab disebut Daulah Islamiyyah fie Iraq wa Syam (دوله الاسلاميةفي العراق والشام) dalam bahasa inggris disebut dalam beberapa istilah ,diataranya  Islamic State in Iraq and the Levant (ISIL), Islamic State in Iraq and Syria (ISIS), dan ada juga yang menyebutnya Islamic State in Iraq and al-Shām (juga disingkat ISIS). Di Indonesia diterjemahkan sebagai Negara Islam Irak dan Suriah.

isis,foto,image,pict,gun,kill,gerakan,kelompok,anggota,terbaru

Sejarah Terbentuknya ISIS

Kapan ISIS mulai di dirikan ? Dikutip dari wikipedia.org bahwa Sejarah berdirinya ISIS dimulai dari gejolak yang terjadi di IRAK dan SURIAH pada tanggal 23 Maret 2013 ketika Pasukan Multinasional pimpinan Amerika Serikat menyerang Irak karena dianggap membuat senjata pemusnah masal (meski akhirnya tidak terbukti).
Selanjutnya terjadi penyerangan dari pasukan koalisi Amerika dan mengalahkan pasukan Irak yang saat itu dipimpin oleh Sadam Hussein. Rakyat Irak terhimpun dalam kelompok-kelompok melakukan gerakan gerilya untuk mempertahankan negeri mereka.
Dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 15 Agustus 2005, kelompok pejuang ini mempersatukan diri dan membentuk Majelis Syura Mujahidin. Berawal dari Majelis Syura Mujahidin inilah akhirnya dideklarasikan Negara Islam Irak pada tanggal 13 Oktober 2006, dan mengangkat Abu Umar al-Baghdady sebagai emir atau pemimpinnya.Abu Umar kemudian meninggal dalam pertempuran, dan posisi emir digantikan oleh Abu Bakar al-Baghdady sejak 15 Mei 2010.Sejak saat itulah ISIS mulai berkembang hingga seperti sekarang ini.

Wilayah Kekuasaan ISIS Saat Ini.

Menurut informasi mengenai Wilayah kekuasaan ISIS terbaru , yaitu pada Agustus 2014 ini, wilayah kekuasaan ISIS meliputi daerah berwarna merah pada peta dibawah.
wilayah,kekuasaan,isis,terbaru,2014,irak,suriah,suriyah,peta,map,denah
Wilayah kekuasaan ISIS di Suriah dan Irak
Keterangan gambar :
- Pink : Wilayah Suriah plus yang dikuasai ISIS di Suriah
- Putih : Wilayah Irak plus yang dikuasai ISIS di Irak
- Merah : Wilayah ISIS yang meliputi sebagian wilayah Irak dan Suriah.
Daerah berwarna merah diatas dibagi lagi menjadi 16 wilayah Administrasi. 16 Wilayah tersebut adalah :
1. Daerah kekuasaan ISIS di Irak:
Wilayah Selatan
Wilayah Diyala
Wilayah Baghdad
Wilayah Kirkuk
Wilayah Salahuddin
Wilayah Anbar
Wilayah Ninewa

2. Daerah kekuasaan ISIS di Suriah:
Wilayah Al Barakah (Hasaka)
Wilayah Al Kheir (Deir al Zour)
Wilayah Al Raqqah
Wilayah Al Badiya
Wilayah Halab (Aleppo)
Wilayah Idlib
Wilayah Hama
Wilayah Damaskus
Wilayah Pesisir (Al Sahel)

ISIS sedang booming di kalangan masyarakat Indonesia karena maraknya isu-isu yang beredar di Media.
Jadilah masyarakat dan penikmat media masa yang cerdas!.

Sekian sedikit ulasan singkat mengenai ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) di Asoka-Site. Segala kebenaran hanyalah milik Allah Yang Maha Mengetahui. Semoga kita yang hidup di dunia ini diberikan petunjuk serta hidayahnya dari apa-apa yang belum kita ketahui serta dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk.

Apa itu ISIS dan Keingininannya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blog rbf
Diberdayakan oleh Blogger.