apa itu, menjelaskan suatu hal hal yang menjadi pertanyaan rumit atau mudah, di bahas di A.I.A

Jumat, 29 Agustus 2014

Ciri-ciri dan Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Ciri-ciri dan Cara Mencegah Penyakit Ginjal
Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal - Gagal ginjal merupakan stadium akhir dari penyakit ginjal. Gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak lagi dapat memproses darah secara normal. Namun penyakit ini dapat di cegah dengan beberapa cara, contohnyan seperti yang akan kita bahas sekararang ini. Bila gagal ginjal terjadi, maka seseorang harus menjalani perawatan dialisis, dimana mesin menggantikan fungsi normal ginjal.
Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah atau minimal menunda terjadinya gagal ginjal, caranya di bawah ini :

1. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi kronis merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya gagal ginjal akut pada laki-laki dan perempuan dewasa.

2. Suplemen bawang putih
Tanyakan pada dokter mengenai kemungkinan untuk mengambil suplemen bawang putih. Suplemen ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan cepat.
Namun, pada saat yang sama, suplemen bawang putih dapat menghambat kemampuan penggumpalan darah, sehingga harus diminum di bawah pengawasan dokter.

3. Berhenti merokok
Asap rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal

4.Rutin Olahraga
Dengan berolahraga secara rutin setiap pagi tubuh anda akan terasa lebih fresh dan membakar metabolisme sehingga akan lebih mudah dalam beraktifitas, badan akan terasa lebih ringan dan masih banyak lagi kegunaan jika anda rutin olahraga pagi, khususnya untuk mencegah Gagal ginjal.

5.Banyak Minum Air putih
Seperti yang anda ketahui di dalam tubuh kita 85% berisi air, air dapat menetralkan makanan dalam tubuh dan menambah energi, saat diri kita terasa lelah air itu keluar dari pori-pori keringat seseorang, nah itulah seseorang yang sehat, tapi jika anda kurang sehat, setelah badan anda terasa cape dan lelah tidak akan keluar keringat, itu menandakan anda tidak sehat. Menurut penelitin para ahli air juga dapat mencegah timbulnya Gagal ginjal, anda di anjurkan meminum air putih 2 liter setiap hari. 


1.Kepala Pusing dan Sulit berkonsentrasi.
Jika anda mengalami gejala anemia yang tentunya berkaitan dengan penyakit gagal ginjal, hal ini berarti bahwa otak anda kurang mendapatkan oksigen yang cukup sehingga mengakibatkan pusing kepala dan susah untuk berkonsentrasi. Bahkan ada yang sampai kehilangan keseimbangan sewakyu berjalan karena parahnya anemia yang dirasakannya.

2.Rasa gatal yang berlebihan atau disebut dengan kulit ruam.
Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi ginjal yang paling utama adalah untuk membuang limbah atau kotoran dari aliran darah. Jika fungsi ginjal sudah tidak berfungsi normal maka akan terdapat penumpukan kotoran didalam tubuh yang mengakibatkan rasa gatal yang berlebihan. Pada umumnya rasa gatal yang parah ini biasanya juga disertai dengan pembengkakan diberbagai bagaian tubuh pasien seperti tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dll.

3.Tubuh Merasa Kedinginan.
Penderita penyakit gagal ginjal biasanya juga merasakan kedinginan sepanjang waktu, walaupun ia berada di suhu yang hangat. Biasanya menyerang pada malam hari ketika ia bangun tidur dengan tubuh dingin sampai mengigil.

4.Sesak Nafas.
Sesak nafas juga berkaitan dengan penyakit gagal ginjal. Dimana ada dua masalah sehingga menimbulkan ganguan pada pernafasan Anda. Sesak nafas untuk kasus yang pertama adalah adanya cairan yang berlebih karena tidak berfungsinya ginjal sehingga cairan tersebut akan menutup saluran paru-paru. Dan kedua, anemia (kekurangan oksigen pembawa sel-sel darah merah) yang mengakibatkan tubuh anda kekurangan oksigen dan kehabisan nafas. Pada kasus ciri-ciri penyakit ginjal sesak nafas ini, biasanya pasien gagal ginjal akan sulit tidur karena kesulitan bernafas dan perut kembung terus-menerus. Aktisitas yang memerlukan sedikit gerak fisik pun akan terasa sangat berat.

5.Sakit di Sekitar Daerah Pinggang.
Ada beberapa orang juga mengalami masalah dibagian pinggangnya, dan ini ada hubungannya dengan penyakit batu ginjal. Namun memang beberapa penyakit batu ginjal tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun jika batu ginjal itu terjebak didalam ureter ( saluran kecil antara kandung kemih dan ginjal) maka gejala rasa sakit akan terasa sangat parah. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.
Untuk ciri-ciri penyakit gagal ginjal kronik antara lain : Lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Sedangkan untuk kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif. Semoga dengan ciri-ciri penyakit gagal ginjal diatas Anda dapat lebih berhati hati dalam menjaga kesehatan. Anda juga perlu mengetahui  penyebab gagal ginjal juga tentunya.

Semoga dalam bahasan di atas anda bisa lebih mengerti akan artinya menjaga kjesehatan tubuh yang amat penting, ambil hikmahnya dalam kehidupan ini. Jangan sia-siakan hidup kalian karena hal yang malas. rajinlah berolahraga dan berdoa, itu kunci hidup sehat. Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal.

Ciri-ciri dan Cara Mencegah Penyakit Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blog rbf
Diberdayakan oleh Blogger.